Rabu, 23 November 2016

Sparta Villiers, Motor Sport Lawas Incaran Kolektor

http://ift.tt/2fqMrqR - http://ift.tt/2gj9tCO

Sparta, mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan merek sepeda motor yang satu ini. Sparta merupakan merek motor klasik asal Inggris yang sudah eksis sejak tahun 1917. Awalnya, pabrik sepeda bernama Verbeek & Schakel didirikan pada tahun 1917, yang kemudian berubah nama menjadi Sparta. Pabrikan ini lalu memproduksi motor pertama mereka pada tahun 1931 dengan menggunakan mesin SACHS berkapasitas 74cc dan 98cc.

Sparta Villiers - www.pinterest.com

Sparta Villiers - www.pinterest.com

 

Selama tahun 1930-an, Sparta kemudian membangun banyak sepeda motor dengan menggunakan mesin Villiers, mulai yang berkapasitas 148cc hingga 200cc. Sparta Villiers ini ketika itu banyak digunakan sebagai kendaraan pengirim oleh tukang roti, tukang susu, dan sejenisnya. Mesin JLO yang bertenaga ditambahkan menjelang akhir tahun 1930-an.

Setelah Perang Dunia II berakhir, Sparta membangun sepeda motor Villiers bermesin 250cc dan juga skuter Villiers bermesin 98cc di rentang tahun 1953 hingga 1957. Sayangnya, produksi sepeda motor harus berhenti pada tahun 1965, sedangkan moped harus berakhir di awal 1980-an. Meski demikian, perusahaan masih terus membangun sepeda bertenaga listrik.

Sebenarnya, ada beberapa model Sparta Villiers yang sukses diproduksi, salah satunya model yang mengusung mesin 125cc. Sparta Villiers 125 ini merupakan motor model sport yang cocok untuk perjalanan jarak jauh. Motor ini hadir dengan lampu depan berdesain bulat, stang dengan ketinggian rendah, jok model single dengan konsep berayun, velg jari-jari, serta rem tromol di roda depan dan roda belakang.

Untuk bagian dapur pacu, Sparta Villiers menggendong mesin Villiers Mark 10D, 2-stroke, berkapasitas 122cc yang mampu meletupkan daya maksimal 5 HP pada putaran 4.500 rpm. Semua tenaga tersebut disalurkan melalui sistem transmisi manual 3 percepatan. Kini, produk bekas sepeda motor antik ini ditawarkan dengan di kisaran harga Rp24 jutaan.

Selain berkapasitas 125cc, Sparta Villiers dengan mesin 200cc juga tercatat pernah mengaspal di jalanan Indonesia. Selain di Tanah Air, Sparta Villiers 200 ini juga cukup laris di pasar Skandinavia, Portugal, Afrika Selatan, Brazil, hingga Venezuela. Sparta Villiers 200 sendiri disokong mesin tipe 2-stroke, berkapasitas 200cc, dengan transmisi manual 3 percepatan. Harga produk bekas motor ini, lengkap dengan surat-suratnya, bisa mencapai Rp55 jutaan.


EmoticonEmoticon