Selasa, 31 Januari 2017

Inikah Suksesor Suzuki Baleno?

Tags



New Delhi - Diam-diam, pabrikan otomotif Suzuki ternyata tak tinggal diam dalam menyikapi perkembangan pasar di segmen sedan. Santer beredar, salah satu raksasa Jepang ini tengah menyiapkan suksesor dari keluarga SX4 atau juga Baleno di Indonesia.

Varian ini diperkenalkan pertama kali di gelaran Beijing Motor Show pada bulan April lalu dengan nama Alivio untuk pasar China. Sedan ini hadir dengan aura mewah melalui grill dan kisi-kisi foglamp beraksen krom serta menggunakan knalpot ganda dengan muffler yang menyatu pada bumper bagian belakang.

Melansir laman Indianautosblog, Senin (25/8/2014), kabarnya, Suzuki akan meluncurkan sedan ini di India pada awal bulan September mendatang dengan enam varian. Sedan yang menggunakan nama Ciaz di India ini akan menggunakan headlamp berteknologi proyektor sebagai fitur standar di seluruh varian.

Pada varian tertingginya, sedan ini akan hadir dengan mengusung fitur kontrol iklim otomatis, panel kontrol pada kemudi, velg alloy berukuran 16 inci beraksen krom serta starter mesin yang menggunakan tombol. Untuk fitur keamanannya, Ciaz atau Alivio ini telah dibekali dengan dual airbag, ABS, serta EBD.

Suzuki nampaknya ingin berkompetisi dengan pabrikan lain dengan meluncurkan suksesor Baleno yang hadir dengan tampilan jauh lebih mewah dan eksklusif namun dengan harga yang relatif terjangkau jika dibanding dengan kompetitor. Untuk dapur pacunya mengusung dua jenis tipe mesin yakni mesin berbahan bakar bensin dan solar.

Untuk mesin berbahan bakar bensin, sedan ini mengusung mesin empat silinder berkapasitas 1,4 liter K-Series yang serupa dengan milik Ertiga. Sementara itu, untuk mesin dieselnya berkapasitas 1,3 liter Multijet buatan Fiat.

Di India, suksesor Baleno ini diperkirakan akan dibanderol dengan harga antara 750 ribu sampai 1,05 juta Rupee atau sekitar Rp 145 sampai 203,5 jutaan (kurs Rp 194 per Rupee).
Semoga saja tak hanya India dan China yang berkesempatan mencicipi sedan teranyar Suzuki ini. Seperti diketahui, beberapa generasi baleno pun pernah sukses meledak di Indonesia hingga awal tahun 2000-an. 


EmoticonEmoticon