http://ift.tt/2fqMrqR - http://ift.tt/2ftsukx
Para penggemar adventure, khususnya yang tumbuh besar di era 1980-an hingga 1990-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan Suzuki DS 80. Suzuki DS 80 merupakan salah satu motor trail handal di era itu, sebelum kemudian tergerus oleh dominasi motor bebek dan motor sport.
Jika ditelusuri ke belakang, generasi Suzuki DS 80 sudah eksis sejak tahun 1978 silam. Awalnya, tampilan motor ini lebih mengarah ke motor sport dibandingkan motor trail. Namun, dengan modal ban bergerigi, motor ini juga bisa diandalkan untuk melibas jalanan berlumpur, khas motor adventure. Suzuki DS 80 di awal kemunculannya hadir dengan tangki bahan bakar mendatar sejajar dengan jok model bangku, stang berketinggian rendah, lampu depan bulat berukuran kecil, dan juga lampu belakang yang mini.
Di bagian dapur pacu, DS 80 keluaran 1978 menggendong mesin tipe 2-stroke, air-cooled, single cylinder, berkapasitas 79cc, piston and reed valve. Dengan bekal tersebut, motor ini diklaim mampu meletupkan daya maksimal 6,5 HP pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak menembus 6,2 Nm pada putaran 7.000 rpm.
Lalu, pada tahun 1982, muncul varian DS 80X yang hadir dengan ukuran roda lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya, yaitu 16 inci di bagian depan dan 14 inci di sisi belakang. Meski masih mengusung mesin yang sama, yaitu 2-stroke, air-cooled, silinder tunggal, berkapasitas 79cc, namun DS 80X mampu meletupkan tenaga yang lebih besar, yaitu 7,6 HP pada putaran 7.500 rpm dan torsi 7,65 Nm pada putaran 6.000 rpm melalui sistem transmisi 5 percepatan.
Perubahan besar-besaran terjadi pada era 1990-an ketika hadir model DS 80 yang dirilis pada tahun 1995. Motor ini sudah mengusung desain yang “trail banget”, yang tampak pada model jok yang tak lagi datar, bentuk bodi yang lebih ramping, dan ground clearance yang mencapai 190 mm. Meski demikian, tak ada perubahan di sektor mesin pada model ini.
Pada tahun 1998, DS 80 hadir lagi dengan tampilan yang berbeda, terutama pada desain stripping yang kini tampil lebih gelap dan macho serta ground clearance yang mencapai 325 mm. Lalu, pada tahun 1999 dan 2000, Suzuki DS 80 kembali mendapat revisi, terutama jok yang hadir dengan warna gelap dan lebih tipis dibandingkan pendahulunya. Khusus model tahun 2000, Suzuki DS 80 juga tampil dengan warna lebih kalem dan soft. Berikut spesifikasi teknis Suzuki DS 80 yang meluncur di era 1990-an.
Dimensi | 1.580 x 730 x 940 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.060 mm |
Tinggi Jok | 650 mm |
Jarak ke Tanah | 190 mm (1995-1996), 325 mm (1998-2000) |
Berat | 58 kg |
Tipe Mesin | 2-stroke, single cylinder, air-cooled |
Kapasitas Mesin | 79cc |
Daya Maksimum | 7,6 HP @ 7.500 rpm |
Torsi Maksimum | 7,65 NM @ 6.000 rpm |
Transmisi | Manual, 5-speed |
EmoticonEmoticon